Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday

ARTIKEL KOMPUTER | KOMPUTER SUPER MINI BERUKURAN 1 MILIMETER

Tuesday
Perusahaan perangkat lunak Amerika Serikat Boffins meluncurkan komputer terkecil, hanya berukuran satu milimeter. Seperti diwartakan newslite, Sabtu (26/2).

komputer terkecil di dunia berisi sebuah mikroprosesor ultra berdaya rendah, sensor tekanan, memori, baterai super tipis. Selain itu, komputer ini juga dilengkapi dengan sel surya, wireless dengan antena yang dapat mengirimkan data ke pembaca eksternal.

Tim peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, mengatakan, "meskipun ini adalah komputer super mini di dunia, tapi perangkat dalam komputer ini sangat mengesankan. "Karya kami sangat unik. Kami memikirkan tentang sistem lengkap di mana semua komponen berdaya rendah sesuai ketika dipasangkap pada chip komputer. Kita bisa mengumpulkan data, menyimpannya dan mengirimkannya. SEeluruh aplikasi pada sistem ini tidak terbatas. "Ini adalah sistem pertama komputasi berskala milimeter lengkap," kata Profesor Dennis Sylvester.

Saat ini komputer mini ini digunakan untuk aplikasi pada sistem medis. Penggunaan komputer ini difokuskan pada tekanan monitor yang dirancang untuk ditanamkan dalam mata agar bisa melacak penyebaran glaukoma, sebuah penyakit yang berpotensi membutakan. Namun suatu hari nanti, teknologi komputer mini ini bisa digunakan untuk melacak polusi, memonitor integritas struktural, serta melakukan pengawasan, atau membuat setiap obyek dapat dilacak. Tentu saja, selama komputer ini tidak hilang tidak hilang. (ARI)

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment