Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday

ARTIKEL KOMPUTER | MENGAPA UKURAN HARDDISK TERDETEKSI LEBIH KECIL DI WINDOWS

Wednesday
Dulu saya pernah mengalami kejadian dimana ketika membeli harddisk kemudian di install windows , kapasitas yang terdeteksi oleh windows lebih kecil dengan yang tertera dilabel harddisk yang bersangkutan. Tetapi anehnya pada BIOS kapasitas yang terbaca sama dengan yang tertera pada harddisk yang bersangkutan (mungkin karena dittuliskan dengan satuan GB). Saat itu saya biarkan saja kondisi seperti itu, disamping saya belum begitu paham dengan seluk belum hardware, rasanya juga males untuk kembali ke toko penjualnya, karena jaraknya yang lumayan jauh.

Tetapi beberapa hari kemudian saya menemukan pencerahan pengenai hal tersebut, dimana windows mendeteksi kapasitas harddisk yang lebih kecil dibandingkan dengan yang tertera pada badan harddisk itu sendiri.

Ternyata antara produsen penbuat harddisk dengan produsen penbuat software mempunyai patokan berbeda dalam menghitung besarnya kapasitas harddisk, terutama pada angka satuan. Maksudnya seperti berikut :

Perhitungan menurut produsen hardware:

1 GB = 1000 MB

1 MB = 1000 KB

Sedangkan kalau menurut produsen software (windows), perhitunganny berbeda, detailnya seperti berikut:

1 GB = 1024 MB

1 MB = 1024 KB

Nah, kalo dilihat, perbedaanya sangat signifikan. Jadi jika dihitung secara logika, maka sudah bisa ditebak, walaupun harddisk dengan ukuran 40 GB dilabel, pasti tidak akan genap mempunyai ukuran tersebut di windows. Coba kita hitung, he…

Misal ada harddiks 500 GB = 500.000 MB (menurut hardware), karena tertulisnya memang segitu, he….Tetapi kalo sudah terpasang diwindows, maka windows akan menghitung kembali berdasarkan ketentuan yang mereka buat, dan nantinya akan menampilkan informasinya untuk kita semua. Terus berapa yang akan tercantum di windows untuk harddisk yang kapasitasnya 500 GB tersebut. Cukup mudah untuk menghitungnya, caranya harddisk tersebut khan berukuran 500.000 MB, maka sesuai dengan ketentuan windows, maka angka 500.ooo MB / 1024 , maka hasilnya sekitar 488.281 MB, atau jika dibuat ke satuan GB sekitar 488 GB, wuih berkurangnya banyak ya ….

Tetapi yang perlu di ingat perbedaan penetapan ukuran tersebut memang tidak menjadi masalah bagi kedua belah pihak, baik hardware maupun software, dan antara meraka bisa saling bekerja sama tanpa adanya halangan dari perbedaan angka tersebut, maka kita pun sebagai pengguna tidak bisa komplain terhadap harddisk yang telah kita beli yang kapasitas di windows tidak sama dengan kapasitas yang tercantum di harddisk itu sendiri, karena hal tersebut bukan merupakan penipuan.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, terima kasih

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment