Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday

TIPS JADI ANAK BAND | SKILL, KREATIVITAS, DAN KERJASAMA DALAM SEBUAH BAND

Thursday
Pada posting ini, aku menuliskan tentang skill, kreativitas, dan kebersamaan serta hubungannya dengan sebuah band.

Skill diartikan sebagai keterampilan atau keahlian dalam bermusik, atau bisa juga disebut ilmu dalam bermusik. Contoh: seseorang punya skill bermain gitar dengan beberapa teknik dan bisa membaca not balok.

Kreativitas artinya daya imajinasi seseorang dalam bermusik. Contoh : seseorang bisa mengiringi lagu dengan alat musiknya walaupun dia tidak tahu lagu tersebut.

Kebersamaan ialah perasaan sehati dan sejiwa antar personil band.

Dalam bermusik, khususnya dalam sebuah band, perlu adanya ketiga faktor di atas. Namun harus seimbang proporsinya dan harus sesuai penempatannya.

Menurutku, unsur utama dan terpenting yang harus diperhatikan dalam sebuah band ialah kebersamaan. Kemudian kreativitas, dan barulah yang terakhir skill.

Mengapa kebersamaan dan kreativitas lebih diutamakan daripada skill ?

Sebuah band akan lebih berkembang dan maju jika para personil-personilnya saling akrab dan katakanlah “sejiwa”. Bayangkan jika sebuah band mempunyai personil yang tidak akrab dan “sejiwa” satu sama lain, walaupun semua personilnya punya skill yang hebat, tentu tidak akan menghasilkan apa-apa karena tidak adanya komunikasi.

Kemudian, hal kedua yang terpenting ialah kreativitas. Unsur ini harus dimiliki oleh sebuah band. Sebuah band harus punya kreativitas dalam bermusik. Artinya, bermusik dengan “perasaan” dan “jiwa”. Misalkan ketika membawakan lagu-lagu yang sudah terkenal, tidak perlu sama persis dengan yang ada di kaset. Mainkanlah lagu tersebut dengan “perasaan” dan biarkan musik mengalir dengan sendirinya. Jangan memaksa untuk sama persis dengan kaset, so, “make it easy”.

Setelah kedua unsur di atas terpenuhi, barulah unsur skill deperhatikan. Walaupun skill pas-pas an, jika kedua unsur di atas sudah terpenuhi, aku yakin band kamu akan maju. Tentunya harus disertai usaha, doa, dan semangat untuk maju.

Mau bukti ?
Nih buktinya : 2 piala hasil dari kebersamaan

Juara 2 audisi band di school

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment