Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday

TIPS KOMPUTER | CARA SEDERHANA MEMBUAT CD AUTORUN DENGAN AUTORUN.INF

Tuesday
Banyak keuntungan ketika kita membuat CD autorun ini, diantaranya adalah kita tidak perlu mem-browse dulu file yang ada dalam CD, karena dengan fungsi autorun ini, file/program yang ada didalam CD akan langsung otomatis dijalankan ketika CD dimasukan. Fungsi autorun ini banyak dipakai oleh para pembuat software, guna mempermudah penggunanya dalam melakukan instalasi software yang mereka buat. Selain pembuat software, para desainer animasi juga banyak yang menggunakannya dalam CD demostrasi yang mereka buat.

Tertarik ingin mencoba membuatnya ? Misal anda mempunyai CD data yang ingin menyampaikan pesan setiap kali akan dibuka oleh orang lain, misal “larangan untuk mengkopinya”. Anda bisa dengan mudah membuatnya. Bagaimana caranya ? ikuti saja langkah berikut:

1. Yang pertama kita butuhkan adalah file yang akan dijalankan ketika CD dimasukan ke CD ROM drive (misal anda punya file “larangan.doc”)
2. Setelah file yang akan dijalankan tersedia, maka langkah selanjutnya, anda perlu membuat sebuah perintah agar windows mau menjalankan file tersebut secara otomatis begitu CD dimasukan. caranya:
* Buka notepad
* Ketik perintah berikut

[autorun]
open=larangan.doc
icon=larangan.jpg

2.
Ket: file larangan.doc adalah file yang akan dijalankan ketika CD dimasukan (harus disertakan extensinya, jika file yang akan anda jalankan adalah file aplikasi, maka sertakan pula extensi .exe, silahkan sesuaikan dengan file extensi yang akan anda jalankan), Sedangkan larangan.jpg adalah file gambar yang akan digunakan sebagai icon pada CD ROM Drive. Jadi nantinya jika anda buka my computer, maka icon CD ROM Drive akan berubah sesuai gambar yang anda pake pada larangan.jpg. Anda tidakharus menggunakan icon, boleh dikosongkan, yang wajib diisi adalah nama file yang akan dijalankan tersebut.

3. Setelah perintah tersebut diketik, simpan dengan nama “autorun.inf” dan pada bagian save as type pilih yang all. Anda harus menyimpan dengan nama tersebut. Tidak wajib memang, tetapi jangan salahkan saya jika nanti CD aplikasi anda tidak jalan otomatis karena tidak mematuhi anjuran saya, he….(jangan marah lho…)

4. Tahap terakhir adalah tinggal mengkopy atau istilah kerennya mem-burning data ke CD. Anda bisa menggunakan software burning apa saja.

5. Buka software aplikasi burning anda. Saya sarankan menggunakan Nero, karena sudah terkenal kemampuannya.

6. Silahkan masukan file yang akan anda burning ke root direktori CD. Jadi jangan memburning file tersebut dengan mamasukan kedalam folder lagi(nanti akan ada cara sendiri kalau ingin memburning file dengan dimasukan kedalam folder, tetapi artikel yang selanjutnya ya,….)

7. Jadi sekali lagi, anda harus meng-add file tersebut dibagian yang paling luar. Setelah itu, add pula file autorun.inf yang telah anda buat tadi. Kalo bisa periksa lagi, pastikan perintah yang ada didalamnya, sesuaikan dengan file yang nantinya akan dijalankan. Ingat, file yang akan dijalankan dengan file autorun.inf harus dalam satu direktori terluar (tidak dimasukan kedalam folder), tentunya jika ingin CD tersebut menjadi autorun.

8. Jika sudah anda bisa menekan tombol Burn untuk memulai proses copy data ke CD autorun.

Jika sudah, silahkan dicoba dengan cara memasukan CD yang berisi data tersebut ke dalam CD ROM Drive. Silahkan tunggu beberapa saat. Maka tra la…la….Pesan anda atau apa saja file anda yang ingin dijalankan otomatis running/terbuka. Atau…ups….tidak ada respon apapun, tidak ada aplikasi apapun yang terbuka. Jika terjadi hal tersebut, maka ada beberapa kemungkinan mengapa autorun CD tidak bekerja, diantaranya:

1. Fitur autorun CD ROM komputer anda telah dimatikan atau didisable (biasanya untuk mengantisipasi menyerangnya virus)

2. Penulisan perintah di file autorun.inf ada yang keliru, walaupun hanya kurang extensi, CD tidak akan otomatis berjalan.

3. Nama file yang seharusnya “Autorun.inf” tidak tertulis seperti itu.

Gagal membuat CD autorun 2,3 kali tidak masalah dibandingkan dengan hanya rasa takut saja akan kegagalan dalam membuatnya. Jangan hiraukan harga jika dibandingkan dengan pengalaman dan ilmu yang akan didapat (cie…..), toh harga CD blank sekarang juga murah khan, 1500 dah dapet.

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment