Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday

sekilas tentang Internet Marketing Indonesia

Sunday

Bicara tentang Internet Marketing Indonesia tentulah dapat menjadi sebuah topik yang sangat luas. Tentu banyak diantara Anda pembaca blog saya ini yang sudah sangat kompeten di bidang ini. Tentang Internet Marketing Indonesia tentu saja saya pun punya pandangan dan tentu pendapat-pendapat kita boleh saja  tidak persis sama, Anda pun boleh mengkoreksi artikel ini dalam komentar, saya akan sangat berterimakasih.
Internet Marketing saya terjemahkan saja secara mudah saja. Dimana internet hanyalah sebagai salah satu media komunikasi seperti halnya telepon, sms, surat kabar, majalah, tv, radio dan sebagainya. Sedangkan Marketing ya pemasaran, dan Indonesia adalah negeri kita yang tercinta ini. Jadi, Internet Marketing Indonesia adalah tentang pemasaran di Indonesia yang menggunakan internet sebagai medianya. Tuh, mudah kan? Kok repot? hehe..
Sedangkan kata Wikipedia: Internet marketing, also referred to as web marketing, online marketing, or eMarketing, is the marketing of products or services over the Internet. The Internet has brought many unique benefits to marketing, one of which being lower costs for the distribution of information and media to a global audience. The interactive nature of Internet marketing, both in terms of providing instant response and eliciting responses, is a unique quality of the medium. Internet marketing is sometimes considered to have a broader scope because it refers to digital media such as the Internet, e-mail, and wireless media; however, Internet marketing also includes management of digital customer data and electronic customer relationship management (ECRM) systems.
Memang Wikipedia tidak menyebut Internet Marketing Indonesia, melainkan internet marketing secara global.
Lantas apa saja yang dimarketingkan? Ya apa saja yang dapat dikomunikasikan via internet. Bisa saja memasarkan ide, konsep, pelajaran, buku, program komputer, website, lobster, duren, dan sebagainya. Di balik internet marketing memang harus ada suatu produk atau jasa yang dipasarkan. Namanya saja marketing atau pemasaran, ya memasarkan 2 hal tadi.
Memang, untuk saat ini yang paling berseliweran dipasarkan di angkasa internet marketing indonesia adalah produk informasi, seperti ebooks, tutorial online, panduan bikin blog, software, program affiliasi lokal dan luar negeri seputar informasi, juga MLM, dan sebagainya.  Mengapa? Karena itulah yang memang paling mudah, yang mana sektor riil dibaliknya lebih sederhana.
Kalaupun ada, belum banyak orang yang menggeluti internet marketing di Indonesia ini yang memasarkan produk-produk umum seperti jagung, kedele, batu-bata, dan sebagainya. Karena memang, ketika suatu produk dipasarkan melalui internet marketing maka produk tersebut harus siap juga untuk dikemas, dikirimkan, bersaing dalam harga dan kecepatan layanan. Sehingga, produk informasi atau saya sering menyebutnya sebagai produk virtual lebih mendominasi internet marketing Indonesia.
Saya rasa, produk-produk tertentu memang belum akan memiliki nilai tambah yang luar biasa walaupun dilewat kan melalui internet marketing. Misalnya bengkel, walaupun Anda telah memasarkannya lewat internet maka tetap saja pelanggan yang akan datang adalah mereka dengan mudah menjangkau bengkel tersebut. Internet mungkin memberikan nilai tambah sebagai “branding” saja. Wah bengkel si A masuk internet! hehe.. Namun, jika Anda punya bengkel di banyak tempat di Indonesia ini, dan Anda memasarkannya lewat internet maka orang bisa ke bengkel Anda yang ada di mana-mana tersebut. Internet Marketing kemudian menjadi nilai tambah yang luar biasa bagi Anda.
Berbeda dengan produk atau jasa yang bisa dideliver (dikirimkan) melalui internet itu sendiri, misalnya bisa dibaca langsung di website, bisa didownload, atau bisa dengan mudah dikirimkan dengan ongkos murah karena volumenya yang kecil seperti CD Tutorial, Buku, bahkan busana. Produk-produk ini sudah waktunya dikomunikasikan via internet, dipasarkan lewat internet, diperkenalkan lewat the internet marketing. Di Indonesia, saat ini banyak sekali bermunculan produk informasi, online tutorial, e-learning, toko online, dan sebagainya.
INTERNET MARKETING INDONESIA AKAN TUMBUH
Di Indonesia, Internet Marketing lebih dikenal dengan istilah Bisnis Online atau Bisnis Internet. Bisnis online sendiri sebenarnya sudah marak di Indonesia sejak tahun-tahun sebelumnya. Banyak orang Indonesia mengenalnya dengan istilah eCommerce, atau online marketing.
Perbincangan seputar HEBATnya eCommerce ini, atau Internet Marketing ini sering kita dengar di mana-mana. Sayangnya, belum banyak yang mampu mengajarkan ilmunya, setahap demi setahap dan secara detil apa yang harus dilakukan, dan bagaimana memulainya!, kecuali di Asian Brain IMC yang dipandu langsung oleh Anne Ahira sang guru.
Untuk itulah Asian Brain IMC (Internet Marketing Center) hadir, sebagai pusat pembelajaran Internet Marketing PERTAMA di Indonesia. Pendirinya, Anne Ahira, memiliki misi dan visi untuk menciptakan Gerakan REVOLUSI eBisnis di Indonesia.
Untuk lebih detail tentang AsianBrain, anda dapat berkunjung ke halaman depan website Asian Brain IMC berikut ini:  Bisnis online sendiri sebenarnya sudah marak di Indonesia sejak tahun-tahun sebelumnya. Banyak orang Indonesia mengenalnya dengan istilah eCommerce, internet marketing, atau online marketing.
Perbincangan seputar HEBATnya eCommerce ini sering kita dengar di mana-mana. Sayangnya, tidak ada yang mampu mengajarkan ilmunya, setahap demi setahap dan secara detil apa yang harus dilakukan, dan bagaimana memulainya!, kecuali di Asian Brain IMC yang dipandu langsung oleh Anne Ahira sang guru.
Untuk itulah Asian Brain IMC (Internet Marketing Center) hadir, sebagai pusat pembelajaran Internet Marketing PERTAMA di Indonesia. Pendirinya, Anne Ahira, memiliki misi dan visi untuk menciptakan Gerakan REVOLUSI eBisnis di Indonesia.
Bahkan Gerakan itu SUDAH DIMULAI, dan sudah banyak orang yang telah berpenghasilan ribuan dollar dari internet marketing ini. Jika ada ribuan, atau bahkan jutaan orang Indonesia yang mampu berpenghasilan ribuan US dollar per bulan dari bisnis online-nya! atau dengan menjadi intennet marketer, Bukankah itu sebuah REVOLUSI?
Apa mungkin revolusi seperti itu terjadi? Tentu saja!, Why not? Jika kita semua mulai belajar, saling bahu-membahu dan bergandengan tangan, revolusi itu sangat mungkin terjadi!.  Nah, melalui Sekolah Internet Marketing Indonesia di Asian Brain, bersama-sama kita BUKTIKAN kepada dunia, bahwa orang Indonesia pun mampu bersaing di pasar global, dan YAKIN kita bisa lebih baik daripada  orang luar negeri!
Untuk lebih detail tentang AsianBrain, anda dapat berkunjung ke halaman depan website Asian Brain Internet Marketing Center Indonesia berikut ini:

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment