Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday

REKAMAN | komputer di studio rekaman

Friday

Komputer memang sudah menyerbu studio. Lagu Bayangmu yang dinyanyikan Utha Likumahuwa, Malam Minggu (Jopie Latul) atau rekaman lagu-lagu terbaru merupakan contoh hasil rekaman musik yang 100 persen dari MIDI. Tak mengherankan bila suara sumbang pun muncul. Itu musik artifisial, tidak manusiawi dan sebagainya. Memang munculnya sistem MIDI, akan banyak membantu menciptakan berbagai bunyi yang diinginkan oleh pemusik.
MIDI sendiri memang membutuhkan sebuah komputer atau sequencer sebagai penggerak.
Teknik perekaman not musik melalui MIDI, menggunakan sarana yang disebut MIDI sequencer. Sarana ini dapat berbentuk alat khusus seperti Roland MC-500, instrumen musik seperti Korg X3, atau juga program komputer seperti Cakewalk Pro Audio 9, SONAR 6, Steinberg Cubase SX, Ableton, ACID, Powertracks, dll.
Keterbatasan Sequencer banyak diimbangi dengan hadirnya komputer pribadi (PC) atau laptop/notebook. Sebagaiman komputer, musik yang diterima diubah menjadi data. Data-data digital ini pun kemudian dipindah ke media penyimpan seperti harddisk dan langsung mixing.
Tidak mengherankan bila musik yang dihasilkan pun bisa lebih jernih, tanpa noise. Hadirnya sistem MIDI, membuat sewa studio menjadi murah. Maklum, segalanya bisa dibuat di rumah. Biaya sewa studio, ditambah aransemen sekaligus pemain untuk satu lagu seharga Rp. 600.000,-. Jadi untuk satu kaset yang berisi 10 lagu, seoarng produser cukup mengeluarkan biaya Rp. 6 juta. Master musik yang dikehendaki pun bisa diperolehnya. Biaya ini jelas jauh di bawah harga sewa studio rekaman berikut pemusik pada studio konvensional. ***

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment