Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday

TIPS REKAMAN | RECORDING | Driver Sound Card untuk Windows

Friday

Ada beberapa driver yang digunakan oleh Windows sampai saat ini ada tiga yaitu MME, WDM & ASIO.
MME
Pada awalnya ada MME, tapi tanpa standard untuk high-performance dan oleh sebab itu dihindarkan oleh pengguna profesional, driver ini merupakan sebuah standard Microsoft yang mudah dalam pembuatan code nya.
Setiap aplikasi audio berdasarkan Windows akan begitu mendukung keberadaan ini, merupakan bagian yang dasar dari windows dan jika aplikasi tersebut tidak men support driver ini maka aplikasi-aplikasi ini tidak akan bisa berjalan. Jadi, jika kita tidak punya pilihan lain, kita dapat selalu memastikan bahwa setiap aplikasi audio akan menggunakan driver ini.
WDM
WDM adalah standard paling baru untuk driver multimedia di sistim operasi Windows. Dimulai dengan Windows ME dan dilanjutkan sampai Windows 2000 dan XP. Sekarang ada patches untuk membuat WDM berjalan di Windows 98 Second Edition. tapi ini tidak akan berjalan pada Windows 98 original release. Driver ini lebih tinggi kemampuannya daripada driver MME, sebanding dengan ASIO, berkemampuan seperti WDM yang sangat bergantung pada para pembuat Sound Card dan driver.
ASIO (Audio Streaming Input/Output)
ASIO adalah sebuah protokol transfer audio beragam channel  yang digunakan oleh banyak peralatan MIDI.
Driver ASIO telah dikembangkan untuk high-performance dan low-latency yang ditujukan pengguna studio profesional. Oleh karena itu, ini bukan selalu sebuah pilihan, sedikit sound card dan program aplikasi musik mendukung ASIO. ASIO bukan suatu bagian default  dari sistim Windows, driver ini dibuat oleh industri pihak ketiga, dan oleh sebab itu, dalam penggunaannya kita harus memastikan dua hal, pertama, sound card kita memiliki driverASIO sebagai bagian dari bundel driver nya, kedua, kita memastikan bahwa program aplikasi musik yang kita gunakan dapat mendukung ASIO dengan baik.
Semua program aplikasi Steinberg mendukung ASIO (merekan memainkan peranan besar dalam pembuatan ASIO), tapi Cakewalk, contohnya, tidak mendukung ASIO, jadi kita harus menggunakan driver WDM atau MME untuk sound card kita.
Dalam pengalaman pribadi, ASIO nampaknya menjadi driver yang paling baik dengan alat yang telah saya gunakan, tetapi driver ini dulunya kurang didukung oleh sound card dan program aplikasi musik, tapi seiring waktu, banyak sound card yang memulai menyertakan driver ASIO sebagai bagian dari paket penjualannya.
Banyak konsumen yang memiliki sound card tidak mempunyai driver ASIO yang adalah target sebuah studio musik, driver ASIO tidak diperlukan untuk Game, pemutar musik MP3, DVD dan yang lainnya berhubungan dengan tugas normal komputer. Jika kita ada pada situsai ini, kita bisa mencoba  driver ASIO4All yang bisa digunakan untuk semua sound card standard.

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment