Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday

TIPS REKAMAN | RECORDING | Membuat Home Recording yang ekonomis

Friday

Home recording yang ekonomis maksudnya adalah Home Recording yang pirantinya relatif murah seperti termasuk program audio & MIDI recording yang bahkan ada yang gratis.
Maksud dari Home Recording adalah peralatannya (komputer pc/laptop, kabel midi, program musik audio & MIDI) berskala rumah tinggal, ringkas dan tidak banyak menyita ruangan dalam rumah dan juga praktis, bisa dipindah-pindah serta mudah dalam penggunaannya. Home recording tidak bisa dianggap murahan atau rumahan tetapi Home Recording bisa menghasilkan hasil rekaman yang berkualitas.
Home Recording mempunyai bagian yang terpenting yaitu program atau software musik untuk merekam dan penyuntingan (editing) yang merupakan roh dari suatu sistim komputer untuk melakukan proses merekam audio yang digabung dengan data MIDI.
Selain komputer & software audio & MIDI recording yang berfungsi sebagai Perekam dan Pemroses, ada komponen lainnya yaitu Penghasil data berupa alat musik Keyboard dan Mikrofon.
Sistem berkelas ekonomis dari komputer, hanya dengan prosesor Pentium III yang mempunyai RAM minimal 512 MB + Sound Card (kalau bisa yang mendukung ASIO, supaya saat meng input data MIDI, tidak ada delay saat tuts keyboard ditekan dan suara yang terdengar, kalau sound card tidak support ASIO, kita bisa menggunakan program ASIO4ALL) + Hard disk minimal 10 GB + Sistem Speaker menggunakan Speaker Multimedia atau sistem speaker Compo Player + Software Multi track recorder seperti REAPER (sudah memadai untuk kegunaan merekam audio dan MIDI serta editing yang mudah dan sederhana dan ekonomis bahkan tanpa biaya) + Keyboard MIDI sebagai kontroler data MIDI + Kabel MIDI telah cukup untuk membuat hasil rekaman yang bagus dari Home Recording.

artikel lain yang harus anda ketahui . . .

0 comments:

Post a Comment